BISNIS MLM HARAM?

Selain dari pandangan apriori mengenali MLM sebagaimana telah dibahas pada bagian tentang MENGAPA HARUS  MLM? sekarang ini juga banyak pandangan baru yang berpendapat pro dan kontra tentang Halal atau Haramnya bisnis MLM terutama dikaitkan dengan syariat Islam.

Secara umum Majelis Ulama Indonesia (MUI)  telah mengeluarkan fatwa tentang Halal atau Haramnya bisnis MLM.  Secara gamblang sebenarnya yang dikategorikan HARAM oleh MUI serta juga dinyatakan ilegal oleh banyak negara adalah bisnis sistem piramida atau money game yang berkedok MLM.  Memang bisnis MLM-lah yang terkena getahnya dan memang andalah yang harus lebih berhati-hati sebelum memutuskan untuk bergabung dalam suatu bisnis MLM.  Pastikan dahulu bahwa bisnis tersebut adalah bisnis MLM dan bukan bisnis berkedok MLM.

HALAL atau Haramnya suatu bisnis MLM dapat dengan mudah dikenali dari hal-hal berikut ini :

“Halal atau haramnya produk yang diperdagangkan”

Apabila bisnis MLM memperdagangkan produk yang tergolong atau mengandung secara pasti bahan baku yang terbukti haram,  maka sudah bisa dipastikan bahwa bisnis MLM tersebut haram karena memperdagangkan produk haram.

“Kewajaran harga produk yang diperdagangkan”

Bisnis MLM yang halal hanya akan memperdagangkan produk-produk dengan harga yang wajar dibandingkan dengan produk sejenis dipasaran.  Apabila barang yang diperdagangkan mengenakan harga jauh diatas harga pasar dari produk dengan kwalitas sejenis,  maka bisa dipastikan bahwa bisnis tersebut haram karena mengandung unsur penipuan dan pemborosa.

”Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros….  Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” [Al Israa’:26-27]”

“Khasiat dan manfaat dari produk yang diperdagangkan”

Produk yang diperdagangkan bisnis MLM yang halal haruslah produk-produk yang memang benar-benar mempunyai manfaat dan khasiat yang baik bagi yang mengkonsumsinya.  Produk yang tidak mempunyai manfaat bagi banyak orang secara tepat dapat dikategorikan sebagai bagian dari penipuan.  Nah tentunya sebagai pelaku bisnis MLM,  hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengerti dan benar-benar memastikan manfaat produk yang anda perdagangkan.  Jangan hanya menjual berdasarkan “katanya” atau ‘testimoni” orang lain.

”Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” [Al Israa’:36]

“Kebenaran dan kejelasan perusahaan pengelola bisnis MLM”

Suatu bisnis MLM yang halal akan didukung oleh perusahaan yang jelas status dan kredibilitasnya.  Hal ini harus anda pastikan juga untuk menghindari penipuan.  Jelaslah dalam Islam diajarkan oleh Rasullulah SAW untuk menghindari sesuatu yang bersifat meragukan.  Jadi kenali dan pastikan dulu perusahaan dibelakang suatu bisnis MLM yang ditawarkan kepada anda.

“Kedzhaliman atau Dzulm (Eksploitasi)”

Bisnis MLM yang halal mempunyai sistim penghasilan yang jelas dan mudah dipahami serta tidak mengandung unsur menzhalimi atau mengeksploitasi orang lain. Bisnis MLM yang halal akan memberikan penghasilan yang lebih besar pada mereka-mereka yang lebih menunjukkan usaha dan prestasi,  bukan sekedar berdasarkan siapa yang bergabung lebih dahulu,  atau bahwa sponsor / upline pasti akan mempunyai penghasilan yang lebih tinggi dari downlinenya.

“Perjudian”

Bisnis MLM yang halal pasti memiliki kejelasann sistim dimana anggota yang bergabung akan mendapatkan hak yang sama serta produk yang diperdagangkan juga jelas serta memiliki ketersediaan stok yang terpantau pasti.  Memang ada bisnis MLM tertentu yang baru akan memberikan produk apabila member sudah bisa memiliki secara seimbang satu kaki di kiri dan di kanan,  bagaimana bila telah membayar mahal dan member tidak bisa mencari orang untuk ikut bergabung?  Ketidak pastian serupa inilah yang harus dihindari.

“Kejelasan Kontrak Kerjasama”

Bisnis MLM harus secara jelas mendata semua membernya dan sebagai member juga mendapatkan kejelasan identitas serta kejelasan peraturan mengenai bagaimana menjalankan bisnis serta hak – hak yang akan diperolehnya.  Seluruhnya harus tertuang secara tertulis dengan jelas.

Penjelasan diatas rasanya cukup memberikan pemahaman kepada anda tentang halal atau haramnya suatu bisnis MLM.  Tidak semua bisnis MLM itu haram meski demikian juga tidak semua bisnis MLM itu halal.  Andalah sebagai pelaku yang harus cermat dan jeli melakukan seleksi.  Jangan mudah percaya,  jangan mudah terprovokasi tetapi juga jangan menggalkan peluang meraih impian anda hanya karena kurangnya informasi.

Baca juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: